Tangkuban Parahu adalah gunung berapi yang masih aktif, terletak 25-30 km di utara kota Bandung ke arah kota kecil Lembang. Perpaduan antara keindahan alam, dongeng populer, dan akses yang mudah dari Bandung menjadikan Tangkuban Parahu sebagai ikon wisata Jawa Barat. Selain itu, di tempat ini secara rutin digelar Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu.

Kawah besar yang terdapat di gunung ini merupakan pemandangan yang menakjubkan dan Anda dapat menjelajahi kawahnya sekitar 2 jam. Gas sulfur masih keluar dari kawah meskipun tidak aktif. Dari atas gunung ini, Kota Bandung hanyalah hamparan luas di kaki gunung. Kunjungi tempat ini sebagai bukti Anda telah ‘melihat’ Bandung.

Gunung Tangkuban Parahu (2084 m dpl) terbentuk dari aktivitas letusan berulang Gunung Api Sunda. Dalam catatan selama 2 abad terakhir, gunung ini meletus beberapa kali, yaitu: 1829, 1846, 1862, 1887, 1896, 1910, dan tahun 1929. Gunung Tangkuban Parahu memiliki tiga bentukan kawah utama, yaitu: Kawah Paguyangan Badak berumur 90.000-40.000 tahun. Aktivitas gunung kemudian berpindah dan membentuk Kawah Upas pada 40.000-10.000 tahun lalu. Terakhir, aktivitas berpindah ke Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.

 

Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Parahu terkenal dengan legenda rakyat masyarakat Jawa Barat yaitu Sangkuriang. Gunung ini berbentuk seperti perahu terbalik, dimana menurut legenda hal itu disebabkan karena Sangkuriang gagal memenuhi janji membuat perahu dan danaunya dalam satu malam sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi yang sejatinya adalah ibunya sendiri. Sangkuriang yang gagal karena kehabisan waktu kemudian menendang perahu tersebut hingga melayang jauh dan terbalik. Perahu terbalik tersebut tertelungkup, yang dalam bahasa Sunda disebut tangkub, sehingga sampai saat ini disebut Tangkuban Parahu.

Paket-Wisata-Tangkuban-Perahu

Aktivitas Seru Di Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu pernah meletus beberapa kali. Hal ini menyebabkan terbentuknya kawah – kawah yang cukup banyak. Namun di antara kawah – kawah tersebut, ada 3 kawah yang paling terkenal dibandingkan yang lainnya. Mereka adalah kawah Upas, kawah domas, dan kawah Ratu. Diantara ketiga kawah yang terkenal di gunung Tangkuban Perahu, yang terluas adalah kawah Ratu. Sesuai namanya, kawah ini seakan menjadi ratu di area gunung Tangkuban Perahu. Keindahannya, dapat menarik para wisatawan yang berkunjung. Pemandangan yang cantik dapat Anda saksikan disini. Dengan kepulan asap belerang dari kawah, serta dipadu uniknya warna bebatuan kuning yang menghiasi area sekitar kawah.

Taman Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Selain menyuguhkan pemandangan yang cantik, kawah ini juga sangat mudah untuk dilewati, jadi tak heran jika pengunjung selalu menyempatkan diri untuk mendatanginya. Dengan menggunakan mobil pribadi, atau dengan mobil sewaan. Sesampainya disana, Anda dapat berkeliling dengan menunggangi kuda. Kawah ini berpagar kayu, karena mengingat kedalaman kawah yang ekstrim.

Selain itu, disekitar area kawah Ratu, berjajar kios – kios yang menjual aneka souvenir ala pegunungan. Seperti masker, topi, sarung tangan, syal, dan juga kerajinan tangan yang terbuat dari kayu. Ada juga warung yang menyediakan makanan seadanya untuk mengganjal perut yang lapar.

Selanjutnya ada kawah Upas yaang terletak berdampingan dengan kawah Ratu. Kawah Upas terlihat lebih dangkal dan kecil, jalan yang dilewati untuk menuju kawah ini juga tidaklah mudah. Anda harus melewati lautan pasir yang terjal. Jadi tak heran, pengunjung di kawah Upas hanya segelintir orang saja, mengingat medannya yang cukup sulit.

Dan yang terakhir ada kawah Domas. Kawah ini berbeda dengan kawah – kawah lain yang ada di area Tangkuban Perahu. Disini Anda dapat melihat kawah dari titik yang sangat dekat. Berbeda dengan kawah Ratu yang hanya bisa melihat dari kejauhan dan dibatasi pagar kayu. Di kawah Domas Anda bisa melakukan pengujian panasnya kawah tersebut, dengan merebus telur. Sangat menarik dan patut untuk dikunjungi.

Disekitar area gunung Tangkuban Perahu, ditumbuhi pohon Manarasa. Pohon ini berwarna merah dan daunnya berkhasiat untuk mengobati diare akut. Namun uniknya, daun Manarasa dipercaya dapat membuat seseorang awet muda. Sesuai legenda dari Dayang Sumbi, yang selalu mengkosumsi daun ini, sehingga ia tetap cantik dan awet muda.

 

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Untuk bisa sampai pada objek wisata Gunung Tangkuban Perahu sangatlah mudah. Bagi Anda yang berasal luar daerah, Anda bisa tansit terlebih dahulu di Kota Bandung. Dari kota Bandung Anda perlu melakukan perjalanan ke arah Subang, tepatnya menuju ke arah utara dari Bandung. Jarak tempuhnya sekitar 20 km saja. Dan tak perlu pusing, sesampainya disana banyak angkutan umum yang siap menanti Anda, apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi.

Dalam perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu, Anda akan disambut kawanan pohon pinus yang berbaris dengan kokohnya. Serta hamparan kebun teh yang hijau akan menambah indahnya suasana perjalanan Anda.

tiket tangkuban 2015

Harga Tiket Masuk Kawasan Tangkuban Perahu

TARIF HARI KERJA
Jenis Jasa Wisata Tarif
Pengunjung Nusantara Rp20.000
Pengunjung Mancanegara Rp200.000
Kendaraan Roda 2 (Motor) Rp12.000
Kendaraan Roda 4 (Mobil) Rp25.000
Kendaraan Roda 6 (Bus) Rp110.000
Sepeda Rp7.000

 

TARIF HARI LIBUR
Jenis Jasa Wisata Tarif
Pengunjung Nusantara Rp30.000
Pengunjung Mancanegara Rp300.000
Kendaraan Roda 2 (Motor) Rp17.000
Kendaraan Roda 4 (Mobil) Rp35.000
Kendaraan Roda 6 (Bus) Rp150.000
Sepeda Rp10.000

 

Jasa Angkutan Wisata Ontang Anting/Shuttle Bus
Jayagiri – Kawah Ratu (PP) Rp7.000

 

Untuk Biaya Pengamanan + Kebersihan
Jenis Kegiatan Tarif Jasa Wisata
Foto Pernikahan Rp500.000 /hari
Shooting Video Individu/company Rp800.000 /hari
Shooting acara komersil Rp2.000.000 /hari
  Rp1.800.000 > 1 hari/hari
Jawa Wisata Stand 4×4 m Rp500.000 /hari
Umbul-umbul Rp30.000 /hari
Spanduk Rp50.000 /hari
Baliho Rp100.000 /hari

 

Tips Berkunjung Ke Tangkuban Perahu

Agar wisata Anda ke kawasan Gunung Tangkuban Perahu lebih nyaman, Twisata akan membagikan tips – tips yang bisa dijadikan referensi wisata Anda ke kawasan Gunung Tangkuban Perahu.

  1. Sewalah pemandu, untuk memudahkan perjalanan wisata Anda menyusuri kawasan wisata ini.
  2. Siapkan pakaian hangat agar Anda tidak kedinginan.
  3. Pakailah sepatu boot agar memudahkan perjalanan Anda
  4. Gunakan masker untuk melindungi Anda dari kepulan asap belerang yang mengganggu.
  5. Pakailah kacamata untuk menghalang debu yang berterbangan.

Itulah ulasan mengenai objek wisata Gunung Tangkuban Perahu, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk Anda yang akan mengunjungi keindahan objek wisata yang satu ini.